Satgas Penegakan Disiplin Bubarkan Parade Sound System di Probolinggo

Satgas Penegakan Disiplin saat membubarkan acara Parade Sound System/RMOLJatim
Satgas Penegakan Disiplin saat membubarkan acara Parade Sound System/RMOLJatim

Diduga tak berijin, Satgas penegakan disiplin protokol kesehatan kecamatan membubarkan paksa lomba Sound System tingkat kabupaten di Desa Mentor,Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. 


Dalam pembubaran itu, melibatkan TNI-Polri dan Camat Sumberasih serta Satpol PP Kabupaten Probolinggo, begitu juga Satgas Desa Mentor.

"Ya berdasarkan informasi dari warga, sehingga kita (Satgas penegakan disiplin protokol kesehatan) bergerak kelokasi untuk membubarkan acara lomba Sound System," jelas Camat Sumberasih, Rachmad Hidayanto pada Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (13/9) siang.

Menurutnya, sebelum melakukan pembubaran, pihaknya sudah mengirimkan surat pada Satgas penegakan disiplin Desa Mentor.

Surat tersebut berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokoler Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 19.

"Selain itu, juga mengacu pada Perbub Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kegiatan Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid 19 dimasa Pandemi serta Surat Edaran Bupati Probolinggo Nomor : 451/0315/426.33/2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan dan Sosial Budaya Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid 19 dimasa Pandemi," terang dia.

Sebelum melakukan pembubaran, lanjut Rachmad, pihaknya sempat memantau di lokasi acara.

"Karena tidak mematuhui protokol kesehatan dan melebihi  jumlah kerumunan massa di saat pademi Covid-19, sehingga dibubarkan dengan cara persuasif dan dari pihak penyelenggara menerima tanpa ada perlawanan," pungkasnya.