GP Ansor dan Bawaslu Jombang Membangun Gerakan Melawan Hoaks dan Politik Identitas Di Pilkada Serentak

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor dan Bawaslu Jombang sukses menggelar webinar Pendidikan Pengawasan Partisipatif di Kantor Bawaslu Jombang, Jalan Raden Wijaya No. 15 pada Selasa(15/09) kemarin malam. Tindak lanjut dari nota kesepahaman kolaborasi yang dilakukan antara Bawaslu dan GP Ansor Jombang.


Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor dan Bawaslu Jombang sukses menggelar webinar Pendidikan Pengawasan Partisipatif di Kantor Bawaslu Jombang, Jalan Raden Wijaya No. 15 pada Selasa(15/09) kemarin malam.

Tindak lanjut dari nota kesepahaman kolaborasi yang dilakukan antara Bawaslu dan GP Ansor Jombang.

Seminar yang dilakukan melalui aplikasi zoom meeting mengangkat tema Membangun Gerakan Melawan Hoaks dan Politik Identitas di Pemilu dan Pilkada.

Adapun Narasumber diantaranya, Keynote Speaker Ketua GP Ansor Jatim H Syafiq Syauqi, Lc, Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur Aang Kunaifi SH, MH, dan A Safril Mubah selaku Dosen Fisipol Unair yang sedang menyelesaikan Studi Ph.D Hubungan Internasional di NCCU Taipei. 

Webinar dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Jombang, Ahmad Udi dan ditutup oleh Ketua PC GP Ansor Jombang H Zulfikar Damam Ikhwanto, SSos. Adapun peserta yang mengikuti 500 orang hadir dalam acara webinar ini yang sekaligus menandai launching lembaga Cyber dan Digital Media PC GP Ansor Jombang. Peserta tersebut hadir dari seluruh Indonesia, bahkan hadir pula dari Taiwan, Malaysia dan Jepang.

Ketua PC GP Ansor Jombang, Zulfikar Damam Ikhwanto mengatakan bahwa meski Jombang tidak melaksanakan gelaran pilkada, namun resonansi semangat untuk menjaga kondusifitas pilkada serentak 2020 menjadi latarbelakang terwujudnya webinar yang digelar bersamaan launching lembaga cyber GP Ansor.
"Ke depan melalui MoU bersama Bawaslu Jombang PC GP Ansor Jombang akan mengadakan rangkaian kolaborasi kegiatan lain seperti Rijalul Ansor Kepengawasan Pemilu, Kemah Pemuda dan pengembangan pengawasan partisipatif lainnya," terang Gus Antok sapaan akrab Ketua Ansor Jombang kepada Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (16/09).

Webinar yang berlangsung tidak membosankan ini tak luput juga dari moderator, yang digawangi Cak Ukil, YouTuber viral yang juga pengurus lembaga PC GP Ansor Jombang terbukti mampu membawa suasana webinar menjadi cair dan penuh gelak tawa. Tidak jarang joke-joke khas santri terlontar, menjadi bukti bahwa kader Ansor  mampu menghadirkan diskusi ilmiah yang merakyat meski dengan tema berat seperti politik identitas.

Keynote Speaker Gus Syafiq Syauqi mengungkapkan bahwa sejak jaman Majapahit nenek moyang kita menolak adanya politik identitas. Dalam komitmen tersebut PW GP Ansor Jatim, akan menginstruksikan jajaran tim cyber Ansor sampai dengan tingkat ranting untuk menanggulangi Hoaks dan Politik Identitas.

Khususnya pada pilkada serentak 2020 yang akan diselenggarakan di 19 Kab/Kota di Jawa Timur," tegas Gus Syafiq menginstruksikan kader Ansor di Jawa Timur.

Sementara Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi mengapresiasi langkah PW GP Ansor Jatim terkait politik identitas ini. Terlebih politik identitas dan hoaks yang kerapkali muncul jelang perhelatan politik seperti pemilu dan pilkada. Pihaknya berharap Ansor dapat bersinergi untuk menjaga kondusifitas pilkada serentak 2020 di Jawa Timur.