Mbah Tarom Serahkan Mesin Combine Aspirasi Petani

Mbah Tarom Serahkan replika kunci Combine kepada kelompok tani di Madiun
Mbah Tarom Serahkan replika kunci Combine kepada kelompok tani di Madiun

Anggota DPR RI komisi IV H Muhtarom menyerahkan bantuan alsintan untuk mempermudah penggarapan lahan pertanian. Bantuan alsintan pasca panen dari kementerian Pertanian ini, merupakan wujud tindak lanjut realisasi aspirasi kelompok masyarakat maupun petani dapil 8 Jawa timur.


Bantuan alsintan pasca  panen dari   Kementan  RI  yang diserahkan diantaranya Combine, Corn  shaller, dan  Power   Thersher. Hingga saat ini jumlah   total   untuk   bantuaan   alsintan   Pasca   Panen   sejumlah  63   unit.

" Hari ini merupakan rangkaian dari bantuan aspirasi yang kita serahkan kepada masyarakat berupa alsintan. Jadi alsintan yang kemarin sudah kita serahkan itu alsintan pra panen. Kita bagi kita bantu-kan traktor roda empat delapan unit, kemudian traktor roda dua limapuluh dan saat ini kita berikan combine besar dua unit," kata pria yang akrab disapa Mbah Tarom, selasa (15/9).

Mantan Bupati Madiun periode 2008 - 2018 ini berharap sektor pertanian di Kabupaten Madiun semakin baik. Mengingat sudah waktunya petani memahami pertanian berbasis teknologi modern. Termasuk Combine harvester yang diserahkan kepada kelompok tani agar dirawat dengan baik.

" Harapan saya terhadap masyarakat yang mempunyai hamparan sawah luas yang sekiranya membutuhkan alat ini maka diturunkanlah alat ini. Senyampang masyarakat yang masih melakukan panen secara manual ya didahulukan yang manual namun jika sudah tidak mampu padi itu menunggu panen manual maka ini diturunkan. Ini bagian dari upaya kita buat rejekinya masyarakat yang kurang mampu tetap ada solusi namun jika padi itu sudah kering di sawah juga ada yang menolong dengan combine ini," tuturnya.

Sementara itu Agus Hartono ketua kelompok tani " Tani Makmur" desa Ketawang kecamatan Dolopo kabupaten Madiun, merasa senang mendapatkan bantuan berupa Combine harvester. Menurutnya dengan bantuan alsintan tersebut dirinya beserta kelompok tani bisa menaikkan kesejahteraan serta taraf hidup.

" Alhamdulillah dengan bantuan dari bapak haji Muhtarom anggota DPR RI, kami sebagai pengurus kelompok tani merasa berbahagia, karena apa? karena bisa meningkatkan taraf hidup petani-petani yang ada di desa kami," pungkas Agus Hartono.