Beredar Video "Baiat Ansor" Mendukung Paslon Cabup di Banyuwangi

Tangkapan layar video "Baiat Ansor" beredar di Medsos/Repro
Tangkapan layar video "Baiat Ansor" beredar di Medsos/Repro

Di Banyuwangi beredar video pembaiatan yang ditujukan untuk mendukung bakal Pasangan Calon (Paslon) Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi (Cabup-cawabup), Ipuk Fiestiandani Azwar Anas - H Sugirah.


Video 'baiat Ansor' yang berdurasi 1 menit 16 detik itu, tersebar di Facebook dan salah satu WhatsApp Grup (WA) sejak sekitar 16 jam yang lalu. Terlihat, dalam acara "Rapat Kerja & Orientasi Kader" yang diikuti Anak-anak Cabang Ansor Kecamatan Rogojampi (PAC).

Perekam video tersebut tampak mengarahkan mata kameranya, sehingga dapat diketahui siapa saja yang menghadiri acara tersebut. Di sebuah tempat di Kecamatan Rogojampi.

Diketahui, seseorang yang memimpin pembaiatan adalah H Nanang Nur Ahmadi, salah satu anggota pengurus Nahdlatul Ulama di Banyuwangi. 

Setiap kata yang dibacakan Nanang, diikuti oleh peserta yang berdiri. Lalu, beberapa peserta lainnya nampak duduk tidak mengikuti pembaiatan. 

Dalam video itu juga terlihat, Ketua PC GP Ansor Banyuwangi, H Sukron Makmun Hidayat yang belakangan diketahui masa baktinya habis per 13 September 2020.

Berikut isi Naskah Baiat dalam video 1 menit 16 detik itu, setelah membaca dua kalimat syahadat:

Saya bersaksi, demi Allah saya bersumpah pada tanggal 9 Desember nanti 2020.

Diri saya dan keluarga saya, anak dan bapak ibu saya, dan saudara-saudara saya semuanya
akan saya salurkan politik saya kepada pasangan Ipuk-Sugirah.

Lahaula wala quwwata illa Billahi il-'aliyyil adzim (bacaan hauqola).

Demikian sumpah saya semoga di dengar oleh Allah dan dicatat oleh malaikat sebagai amal yang baik.

Usai dibaiat (sumpah) para peserta yang berdiri dipersilahkan duduk.

"Ini baru senang saya. Memang secara organisasi katanya ormas gak boleh berpolitik. Tapi kita harus ambil peran politik. Kalau tidak diambil orang lain," papar Nanang di podium sebagaimana dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (20/9).

"Politik ini kekuasaan, halal sudah. Harus kita rebut," imbuhnya di menit terakhir video "Baiat Ansor" tersebut.

Informasi lainnya, kegiatan Rapat Kerja & Orientasi Kader yang diselenggarakan oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) Ansor itu dihadiri oleh Camat Rogojampi, Nanik Machrufi.[haf]