Bawaslu Banyuwangi Mengkaji Baiat Ansor yang Dihadiri Camat Rogojampi

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubbal, Adrianus Yansen Pale/Istimewa
Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubbal, Adrianus Yansen Pale/Istimewa

Buntut beredarnya video pembaiatan terhadap anggota PAC GP Ansor Rogojampi yang juga dihadiri oleh Camat setempat telah dilakukan pengkajian oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyuwangi.


Komisioner Bawaslu Banyuwangi, Adrianus Yansen Pale mengatakan, bahwa beredarnya video pembaiatan untuk mendukung salah satu bakal Paslon tersebut telah ditindaklanjuti dengan melakukan kajian. Apakah memenuhi unsur pelanggaran atau tidak.

"Terkait konten ini, sudah kami tindaklanjuti kepada divisi yang membidangi untuk dilakukan kajian, kira-kira memenuhi atau tidak," ujar Adrian dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (22/9).

Terlebih, kata dia, pembaiatan untuk mendukung salah satu bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati itu dilakukan di tempat pendidikan yang ada di wilayah Kecamatan Rogojampi.

"Yang jelas pada tempat-tempat yang dilarang saya melihat kok memenuhi. Tapi kami masih mengkaji ini," katanya.

Sementara itu, terkait netralitas bagi ASN dalam Pilkada serentak tahun 2020 ini, Bawaslu mengaku telah melakukan imbauan secara terus-menerus. Bahkan, Bawaslu meminta kepada Sekda Kabupaten Banyuwangi untuk melakukan deklarasi netralitas ASN.

Sebab, dalam kegiatan Rapat Kerja & Orientasi Kader PAC GP Ansor Rogojampi itu juga dihadiri oleh Camat Rogojampi, Nanik Machrufi. Belakangan, Nanik mengaku bahwa tujuannya untuk mengajak mereka menjadi duta masker. Tidak ada tujuan politik.

"Ketika kami mau deklarasikan itu Pak Sekda gak bisa, mungkin agendanya padat. Jadi kami pending sampai hari ini deklarasinya. Tapi upaya pencegahan terus kami lakukan," tegasnya.

"Sepanjang itu memenuhi subjek di larang oleh undang-undang, perangkat desa tidak boleh, kepala desa tidak boleh, itu jelas ada punish. Namun, sampai saat ini kami belum menerima laporan terkait keterlibatan ASN," imbuhnya.

Sebelumnya, di Banyuwangi beredar video pembaiatan yang ditujukan untuk mendukung bakal Pasangan Calon (Paslon) Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi (Cabup-cawabup), Ipuk Fiestiandani Azwar Anas - H Sugirah.

Informasi lainnya, kegiatan Rapat Kerja & Orientasi Kader yang diselenggarakan oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) Ansor itu dihadiri oleh Camat Rogojampi, Nanik Machrufi.[haf]