Ketua KPK Melantik 3 Direktur dan 9 Korwil 

Pelantikan direktur dan korwil KPK/Net
Pelantikan direktur dan korwil KPK/Net

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi melantik tiga direktur dan 9 Koordinator Wilayah (Korwil), Selasa (22/9). 


Pelantikan ini menyusul setelah KPK melakukan seleksi secara ketat terhadap jabatan tersebut sejak Juni 2020.

Melansir Kantor Berita Politik RMOL, tiga direktur yang dilantik adalah Brigjen Pol Setyo Budiyanto sebagai Direktur Penyidikan KPK, Tomi Murtomo dilantik sebagai Direktur Pengaduan Masyarakat (Dumas), dan Riki Arif Gunawan sebagai Direktur Pengolahan Informasi dan Data (Pinda).

Brigjen Pol Setyo Budiyanto sendiri berasal dari institusi Polri, Tomi Murtomo berasal dari pegawai KPK, dan Riki Arif Gunawan berasal dari Kementeri Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Selain itu, pimpinan KPK juga melantik sembilan orang sebagai Korwil. Pegawai yang berasal dari KPK sebagai Korwil adalah Aminuddin, Asep Rahmat Suanda, Aida Ratna Zulaiha, dan Budi Waluyo.

Selanjutnya, pegawai yang berasal dari Polri adalah Agung Yudha Wibowo, Bahtiar Ujang Purnama, Didik Agung Widjanarko, Kumbul Kuswijanto Sudjadi, dan Yudhiawan.
Pelantikan ini di awali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK kepada para pihak yang dilantik dan ditetapkan pada 21 September 2020 sebagai pegawai KPK.

Ketua KPK Firli Bahuri membacakan sumpah jabatan dan dilanjutkan dengan pembacaan pakta integritas dan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah jabatan dan pakta integritas.