Bangun Ekosistem Kemandirian Ekonomi Organisasi, PC GP Ansor Jombang Gerakkan Program Sahabat Retail Nusantara

GP Ansor Jombang/Ist
GP Ansor Jombang/Ist

Menyadari potensi yang dimiliki oleh GP Ansor saat ini, bisa untuk membangun sebuah ekosistem ekonomi, khususnya bagi anggota Ansor Kabupaten Jombang. Untuk itu kemarin, Kamis (24/9) PC GP Ansor Jombang meresmikan Toko Sahabat Retail Nusantara yang dihadiri langsung oleh Dirut Utama PT Sahabat Retail Nusantara, Hasan.


Ekosistem ekonomi ini adalah kewirausahaan yang dijalankan dengan anggota Ansor sebagai pangsa pasar tersendiri. 

Di era digital ini, upaya Ansor menjadi ekosistem kewirausahaan sangat mudah apalagi sekarang ini sudah mempunyai aplikasi Ansor Mart.

Ke depan, Ketua GP Ansor Jombang, Zulfikar Damam Ikhwanto menyampaikan bahwa potensi anggota GP Ansor ini bisa menjadi ekosistem ekonomi, kewirausahaan di era digital dimana hal tersebut mempunyai peluang sangat besar, selain Ansor Mart dan produk unggulan lainnya.

Pria yang akrab disapa Gus Antok ini mengungkap pentingnya mengembangkan akronim IDE, yaitu inovatif, digital minded dan entrepreneur. Dalam artian inovatif selalu mengadakan perubahan.

Dijelaskan, Gus Antok, dengan menganalogikan kampus tidak memberi jawaban kehidupan, namun kampus mengajari secara mandiri mencari jawaban kehidupan setelah lulus kuliah, seperti yang sering dikatakan kepada para mahasiswa.

"Jadi, kalau ada masalah maka dicari jawabannya dan masalah selalu berubah maka cara berfikir dan mengatasi masalah yang harus ditempa karakternya, logika berpikir, kreativitas," beber Gus Antok, kepada Kantor Berita RMOLJatim, di Rumah Tolerasnsi Padepokan Al Adhim, Kamis (24/9).

"Inovasi ini mutlak harus dilakukan dengan menguasai teknologi digital sedangkan entrepreneur adalah jiwa kewirausahaan dengan berani mengambil resiko dalam berdagang. Di era digital pangsa pasar bisa dibentuk tinggal memilih segmen," terang Gus Antok menegaskan untuk terus berinovasi dalam kemandirian organisasi dan personal.

"Dengan adanya program kewirausahaan ini akan ada sinergi dengan banyak sektor swasta dengan GP Ansor," harap Gus Antok.