Dua Paslon Pilbup Banyuwangi Do'a Kebangsaan Bersama

Kedua calon Bupati Banyuwangi, Yusuf dan Ipuk memegang draft komitmen mendukung Pilkada aman
Kedua calon Bupati Banyuwangi, Yusuf dan Ipuk memegang draft komitmen mendukung Pilkada aman

Menjelang pelaksanaan kampanye, dua pasangan calon Pilbup Banyuwangi diajak berdoa bersama oleh Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) dan penyelenggara pemilu di aula Rupatama Wirapratama Polresta Banyuwangi.


Selain dihadiri Kapolresta Banyuwangi, Kombes Arman Asmara Syarifuddin, hadir Bupati Abdullah Azwar Anas, Dandim 0825 Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto, Danlanal Letkol Laut (P) Joko Setiyono.

Selain itu, hadir Ketua KPU Dwi Anggraini Rahman, Ketua Bawaslu Hamim serta dua paslon, Yusuf Widyatmoko-Muhammad Riza Aziziy dan Ipuk Fiestiandani Azwar Anas-Sugirah yang didampingi tim pemenangan masing-masing.

Doa kebangsaan untuk menyongsong pemilihan umum Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi aman, damai, demokratis, dan sehat tersebut dipimpin Ketua MUI Banyuwangi KH Muhammad Yamin.

"Tujuan doa kebangsaan bersama ini untuk merajut kebhinekaan dan komitmen bersama mewujudkan Pilkada aman, damai, dan sejuk," ujar Kombes Arman seperti dikutip RMOLJatim, Jumat (25/9)

Sesuai maklumat dari Kapolri, Arman menjelaskan, dalam pesta demokrasi agar tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap tahapan pilkada. 

Pengerahan massa di setiap tahapan pemilu juga tidak boleh melebihi jumlah massa yang telah ditetapkan oleh penyelenggara pemilu. 

Selain itu, usai melakukan kampanye misalnya, semua pihak yang menghadiri acara tersebut agar membubarkan diri dengan tertib dan tidak boleh berkonvoi dan sejenisnya.

"Karena kita ketahui bersama, kesehatan dan keselamatan masyarakat adalah yang paling utama dan harus lebih baik," tegasnya.

Arman juga menegaskan, akan menindak tegas bagi yang melanggar atau menabrak aturan yang berlaku. Terkait aturan itu, kata dia, juga sudah disampaikan kepada paslon maupun tim pemenangan masing-masing.

Di akhir acara, kedua paslon melakukan penandatanganan komitmen bersama untuk mendukung pelaksanaan Pilkada yang aman, damai dan sehat, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.