Di Tengah Pandemi Covid-19 bank bjb Raih Penghargaan, Dirut: Kami Konsisten Bertransformasi

Penghargaan bank bjb/Ist
Penghargaan bank bjb/Ist

Seiring waktu berlalu, badai krisis mulai dapat dilalui. bank bjb ikut mencicipi buah dari hasil kerja kerasnya bangkit dari titik terendah. Namun belum lama rasa manis itu dicecap, krisis kembali menghampiri pada tahun 2008. Tak sebesar dan sedahsyat yang sebelumnya memang, namun tetap saja mampu membunyikan alarm waspada.


Bahkan badai krisis yang dipicu pandemi Covid-19 juga memberi dampak kepada perseroan. Namun berkat pengalaman dan kematangan bank bjb, perusahaan masih sanggup menorehkan catatan positif. 

Tercatat bank bjb berhasil memperoleh laba bersih mencapai Rp 808 miliar yang ditopang pertumbuhan total nilai aset sebesar 3,8 persen year on year (y-o-y) menjadi Rp 125,3 miliar.

Pertumbuhan yang ditorehkan dalam dekade-dekade penuh tantangan ini merupakan pencapaian yang luar biasa dan patut diganjar apresiasi. 

Bak gayung yang bersambut, bank bjb meraih penghargaan khusus atas predikat ”Sangat Bagus Selama 20 Tahun Berturut-turut” dalam ajang 25th Infobank Awards 2020 yang diserahkan pada Kamis (24/9) lalu.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, apresiasi ini merupakan bukti nyata pengakuan atas kinerja luar biasa yang selama ini diperlihatkan perseroan. Kerja keras, soliditas, dan komitmen kuat untuk terus bertransformasi lewat inovasi, menjadi senjata utama bank bjb dalam meraih keberhasilannya sejauh ini.

”bank bjb selalu menjadikan kepuasan nasabah sebagai orientasi utama dalam menjalankan usahanya. Tak mengherankan bila kemudian kami selalu konsisten bertransformasi dengan menghadirkan berbagai inovasi demi menghadirkan kemudahan dan kepuasan dalam pelayanan," ujar Yuddy.

"Semangat ini didorong pula oleh tuntutan zaman yang semakin bergerak cepat, di mana perusahaan harus cakap beradaptasi dan cergas dalam membaca situasi demi menjaga gerak pertumbuhan yang berkesinambungan,” papar Yuddy.

Penghargaan Infobank Awards ini diberikan lantaran bank bjb dinilai mampu secara konsisten memperlihatkan performa usaha yang gemilang lewat pertumbuhan secara kontinyu. 

Selain itu bank bjb juga dinilai memiliki kecakapan sangat baik dalam merespons perkembangan zaman khususnya di era Revolusi Industri 4.0 di mana transformasi digital bagi industri perbankan adalah sebuah keniscayaan.

Dalam praktiknya, bank bjb memang getol melakukan pembenahan di sektor infrastruktur perbankan digital. Berbagai pembaruan produk dan layanan dihadirkan kepada para nasabah setia yang selama ini telah menjadi mitra dalam bertumbuh dan berkembang bersama. 

Sebut saja aplikasi bjb DIGI, yang kini telah dibekali berbagai fitur lengkap untuk memenuhi segala rupa kebutuhan transaksi selama 24 jam nonstop. 

Baru-baru ini, bank bjb juga telah meluncurkan uang elektronik bjb DigiCash yang dapat digunakan khalayak luas. Sebelumnya, bank bjb juga menjadi salah satu perbankan yang proaktif mengadopsi teknologi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Digitalisasi dan elektronifikasi layanan ini juga dikembangkan bank bjb dalam program kolaborasi bersama pemerintah daerah dalam bentuk elektronifikasi layanan pengelolaan keuangan daerah antara lain digitalisasi layanan publik, digitalisasi Pemerintahan Daerah dan mendukung program Smart City. 

Beberapa program kolaborasi dengan Pemerintah Daerah yang telah berjalan antara Iain layanan Pembayaran PBB-P2 dan pajak lainnya (E-Tax), E-Channel Samsat (E-Samsat), Tabungan Samsat (T-Samsat), Samsat Jawa Barat Ngabret/Bergerak Cepat (SAMSAT J'bret), Samsat Banten Hebat (SAMBAT), Samsat Online Nasional (SAMOLNAS), Internet Banking Corporate (IBC) dan Kartu Kredit Pemerintah (KKP).