Ada 1.197 Hoaks Di Sosial Media Soal Covid-19

Menteri Komunikasi dan Informasi, Johnny Gerrard Plate/RMOL
Menteri Komunikasi dan Informasi, Johnny Gerrard Plate/RMOL

Pemerintah melalui Menkominfo menemukan ribuan informasi hoaks soal Covid-19 menyebar di media sosial. Diantaranya, Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube.


Demikian dikatakan Menkominfo, Johnny Gerrard Plate dalam rilis hasil survei Indikator Politik Indonesia dengan topik Mitigasi Dampak Covid-19, Tarik Menarik antara Kepentingan Ekonomi dan Kesehatan secara virtual, Minggu (18/10), 

"Dari sisi Covid terdapat 1.197 temuan isu hoaks Covid-19 yang tersebar di 4 platform digital, di sejumlah 2.020 sebaran. Di Facebook 1.497, di Instagram 20, di Twitter 482, YouTube 21,”  kata Jhonny Gerrade Plate seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (18/10).

Adapun yang sudah ditindak pemerintah dengan menghapus konten mengenai informasi hoaks itu sebanyak 1.759 dari empat platform media sosial.

"Instagram ada 54, Twitter 424, tersisa yang proses 261 (di antaranya) Facebook 197, Instagram 5, Twitter 58, YouTube 1. Hampir semua pimpinan pemilik atau eksekutif platform media sosial ini, saya sudah hubungi yang di Amerika Serikat,” katanya.

Tak hanya itu, ia juga mengku telah berbicara dengan CEO YouTube untuk ikut mengawasi informasi hoaks sosial media di Indonesia.

"Terakhir, saya bicara dengan Susan CEO YouTube yang memberikan komitmen yang kuat utk bersama sama mengatasi covid-19  di dalam ruang digital soal hoaks di Indonesia,” tandasnya.