Debat capres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa malam (12/12), menjadi perbincangan intens di berbagai media sosial, khususnya platform x.
- Terinspirasi Debat Terakhir, Gerbang Amin Luncurkan Karya Digital Raja-raja Nusantara
- Apresiasi Debat Capres Terakhir, TKD Jatim: Gagasan Prabowo Konkret Dan Rasional
- Debat Kelima Pilpres 2024 Seperti Musyawarah Capres
Dalam laporan ini, Social Media Insight Annalise Big Data (ABD), menemukan ratusan ribu postingan, cuitan, dan komentar yang muncul selama debat capres didominasi buzzer.
"Hal ini terlihat dari hastag dengan engagement tertinggi digunakan dalam mention para capres," jelas Executive Vice President Annalisee Big Data, Dirgahayu Maha Restu, Jakarta, Rabu (13/12).
Buzzer menggunakan berbagai strategi untuk mempengaruhi percakapan dengan membagikan konten yang mendukung kandidat tertentu atau menyerang calon lain.
Dalam pantauan sistem, hastag yang paling banyak muncul dari 172.225 cuitan untuk Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan adalah #AMINUnggulDebatCapres dan #AMINTerbaiknomor1.
Sedangkan, Capres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto paling banyak hastag yang muncul dari 153.511 cuitan adalah #MenangSeputaran, #KodeKita08Gemoy dan #BersamaIndonesiaMaju.
Sementara, Capres nomor urut 3, hastag yang paling banyak muncul dari 99.180 cuitan adalah #Ganjarsikatkorupsi, #LanjutGANsemuamurah, dan #LanjutGANsemuakerja.
"Tren emosi netizen terhadap ketiga capres saat debat didominasi kata kunci percaya, kepercayaan, keyakinan, setia, konsisten, jujur, transparan, akuntabel, adil dan berkomitmen," tandas Dirga.
ikuti terus update berita rmoljatim di google news
- Kondisi Ekonomi yang Tidak Menentu dan Biaya Wisuda: Beban Tambahan bagi Masyarakat Menjelang Lebaran
- Sumardi Dorong OPD Pemprov Jatim Maksimalkan Pelayanan Meski Ada Efisiensi Anggaran
- Revitalisasi Pasar Kembang Tahap Pertama Segera Dimulai, PD Pasar Surya Bangun TPS untuk Pedagang