Tradisi Buka Puasa Hari Pertama bersama Keluarga, 72 Ribu Penumpang Pulang dengan Jalur Kereta

Suasana di Stasiun Gubeng Surabaya/ist
Suasana di Stasiun Gubeng Surabaya/ist

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatat pada periode Jumat (28/2) hingga Minggu (2/3), total sebanyak 72.247 pelanggan akan menggunakan layanan kereta api jarak jauh (KA JJ). 


Adapun pelanggan yang akan berangkat dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya sebanyak 35.809 pelanggan, dan pelanggan yang turun di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya sebanyak 36.638 pelanggan.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengungkapkan bahwa masyarakat memiliki kebiasaan pulang kampung menjelang Ramadhan (munggahan), dan cenderung ingin melaksanakan ibadah puasa pertama bersama keluarga di kampung halaman, sehingga permintaan perjalanan dengan kereta api meningkat.

“KAI akan terus berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dengan memastikan kesiapan operasional, peningkatan fasilitas, serta penerapan berbagai inovasi guna meningkatkan kenyamanan perjalanan,” ucapnya.

Berikut disampaikan data pelanggan di Daop 8 Surabaya periode Jumat (28/2) hingga Minggu (2/3) yang diambil pada Sabtu (1/3) pukul 09.00 wib :

_Jumat (28/2)_

Naik : 18.294 pelanggan;

Turun : 15.723 pelanggan;

_Sabtu (1/3)_

Naik : 9.265 pelanggan;

Turun : 12.932 pelanggan;

_Minggu (2/3)_

Naik : 8.250 pelanggan;

Turun : 7.983 pelanggan.

"Data ini akan terus bertambah, karena penjualan masih berlangsung. Sementara itu, para pelanggan didominasi dengan KA tujuan Semarang, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Ketapang," jelasnya.

Luqman Arif menjelaskan, bahwa untuk mengakomodasi tingginya minat masyarakat, KAI telah menyiapkan berbagai langkah strategis, seperti beroperasinya KA fakultatif setiap akhir pekan, peningkatan layanan digital, serta penerapan program keberlanjutan guna menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

“KAI terus mengimbau pelanggan untuk memanfaatkan berbagai fitur layanan digital yang telah disediakan untuk kemudahan perjalanan, termasuk pemesanan tiket secara online serta layanan _check-in_ dengan sistem _face recognition boarding gate,”_ terang Luqman Arif.

ikuti terus update berita rmoljatim di google news